10 Tips Agar Dapur Aman Dari Kebakaran

Rumah Anda adalah tempat perlindungan Anda; di mana keluarga Anda tinggal, tempat Anda untuk melakukan banyak kegiatan dari hobi Anda dan mengistirahatkan tubuh dan jiwa Anda setelah bekerja sepanjang hari di kantor. Tetapi mungkin tempat perlindungan Anda ini tidak sepenuhnya aman. Salah satu risiko terbesar bagi keselamatan di rumah adalah terjadinya kebakaran dan hampir 60% kebakaran di rumah dimulai dari dapur. Api kecil dari lemak saat Anda memasak dapat menjadi besar dan membakar seluruh rumah Anda jika tidak ditangani dengan benar. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan bagaimana Anda mengelola dapur Anda. 10 buah tips disini dapat membantu Anda untuk tetap berada pada keadaan yang aman.

1. Kebersihan

Menjaga dapur dan peralatan masak Anda tetap bersih adalah salah satu hal termudah yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan lingkungan memasak yang aman. Tidak hanya tentang kebersihan dari makanan saja, tetapi sering terjadi bahwa lapisan tipis dari lemak dapat menempel di kabin, bagian atas dari tempat memasak dan peralatan dapur. Lapisan lemak yang tidak terlihat ini dapat berubah menjadi titik yang menyala yang merupakan sumber kebakaran dan membuat api jadi menyebar ke tempat lain.

Sangat bijaksana juga untuk sering membersihkan dan memeriksa peralatan dari listrik secara teratur, seperti pemanggang roti. Penggunaan bahan makanan yang mudah terbakar secara berulang-ulang, seperti remah roti, dapat menumpuk di peralatan ini dan menjadi sumber dari kebakaran yang mungkin terjadi.

2. Ruang Kerja yang Memadai

Seperti tugas lainnya, sangat penting untuk memastikan tersedianya ruang kerja yang memadai. Pastikan bahwa ada jarak yang aman antara bahan yang mudah terbakar dan api yang terbuka atau sumber panas. Bahan-bahan seperti tas belanjaan, handuk, bungkus plastik, talenan dan sebagainya dapat terbakar jika terkena panas.

Memiliki ruang kerja yang tertata dengan baik juga dapat membantu menghindari cedera karena memotong atau menyiapkan bahan di lingkungan yang sempit atau terlalu dekat dengan sumber panas dapat menyebabkan luka bakar atau tumpahan yang tidak disengaja, dan meningkatkan risiko kebakaran.

Jauhkan pegangan panci dan wajan dari bagian depan tempat masak, baik ke samping atau ke belakang, jika aman untuk melakukannya. Gagang panci yang menghadap ke depan mudah terbentur saat bergerak di dapur dan bisa mengakibatkan tumpahan dan kebakaran yang tidak disengaja.

Sambil memastikan bahwa peralatan tersebut dijaga dengan jarak yang aman dari sumber panas, selalu simpan tutup panci dan wajan serta sarung tangan oven dalam jangkauan jika diperlukan dalam keadaan darurat.

3. Keberadaan 

Jangan pernah meninggalkan bahan makanan yang sedang dimasak tanpa pengawasan. Jika karena alasan tertentu Anda harus meninggalkan dapur, bahkan untuk sesaat, disarankan untuk mematikan sumber panasnya, terutama jika Anda menggoreng atau memanggang. Memasak tanpa pengawasan adalah salah satu penyebab utama kebakaran di dapur dan keberadaan Anda untuk bereaksi terhadap insiden apa pun dapat memberikan perbedaan.

Sangat disarankan untuk menggunakan pengatur waktu di dapur saat memasak untuk memastikan makanan tidak terbakar, yaitu penyebab utama kebakaran lainnya.

4. Pakaian

Selalu waspada terhadap pakaian Anda. Pakaian yang longgar atau tidak pas dapat dengan mudah jatuh ke sumber panas dan terbakar, jadi lebih baik untuk memilih pakaian yang pas. Jika Anda tidak memiliki pilihan lain, gulung lengan baju Anda, selipkan baju Anda atau kenakan celemek agar pakaian tidak terlalu dekat dengan sumber panas. Anda juga harus mengikat rambut Anda jika rambut Anda cukup panjang untuk jatuh ke sumber panas.

5. Kontrol Kerumunan

Semakin banyak jumlah orang di dapur, semakin tinggi kemungkinan terjadinya kecelakaan. Kecuali jika mereka terlibat langsung dalam proses memasak atau persiapan, jauhkan orang lain dari dapur saat sumber panas menyala. Ini terutama berlaku untuk anak-anak dan hewan peliharaan rumah tangga. Jika mereka perlu berada di dapur untuk alasan apa pun, harap awasi mereka, karena gerakan mereka sering kali tidak dapat diketahui. Dianjurkan, jika mungkin, untuk menutup akses mereka ke dapur saat memasak dengan menggunakan penghalang yang bisa ditarik atau dengan cara yang lain.

Bersama anak-anak, ajari mereka sejak usia dini tentang keamanan di dapur. Jangan biarkan mereka berada di dekat atau menggunakan sumber panas tanpa pengawasan langsung. Jauhkan korek api, lilin, dan sumber api dan panas lainnya dari jangkauan mereka dan pastikan mereka tahu untuk JANGAN PERNAH bermain dengan api.

6. Pengaturan Lemak & Minyak

Saat Anda selesai memasak, jangan pernah menuangkan minyak goreng atau lemak bekas ke saluran pembuangan atau langsung ke tempat sampah karena hal ini dapat menyalakan api atau menyebabkan cedera. Pastikan Anda memiliki wadah yang tepat untuk menampung lemak dan minyak, seperti kaleng, dan tuangkanlah bahannya dengan hati-hati ke dalamnya. Setelah dingin, wadah dapat dibuang dengan aman ke tempat sampah.

7. Keselamatan Alat & Listrik

Selalu pastikan bahwa kabel daya untuk peralatan terletak rapi dan bersih dan jauh dari sumber panas. Saat tidak digunakan, lepaskan peralatan dari stop kontak dan simpan dengan rapi. Jika outlet listrik Anda dilengkapi dengan sakelar, matikan saat tidak digunakan. Saat menggunakan microwave, ingatlah untuk JANGAN PERNAH memasukkan benda logam ke dalam dan hanya menggunakan mangkuk dan piring yang aman untuk microwave.

8. Perangkat Keamanan

Meskipun sangat disarankan untuk memiliki detektor asap di setiap kamar di rumah, sangat penting untuk memilikinya di dapur juga. Jika dapur Anda tidak dilengkapi dengan detektor asap, pasanglah sesegera mungkin. Periksa baterai di detektor asap secara berkala, seperti yang direkomendasikan oleh pabrik, untuk memastikan alat tersebut berfungsi dengan benar. Sangat disarankan untuk memiliki alat pemadam kebakaran serbaguna di dapur.

9. Jika Terjadi Kebakaran

Jika terjadi kebakaran di dapur, jangan pernah menggunakan air untuk memadamkannya seperti dalam banyak kasus, karena tindakan ini dapat mengubah kebakaran yang kecil menjadi kebakaran yang besar.

    • Jika kebakaran terjadi karena lemak, penggunaan air dapat menyebabkan kebakaran menyebar dengan cepat dan di luar kendali.

    • Jika sumber kebakaran adalah sumber yang mudah terbakar lainnya, air dapat secara tidak sengaja bersentuhan dengan outlet listrik atau peralatan yang belum dicabut dan menyebabkan kebakaran yang pendek dan mungkin terjadi.

Jika kebakaran terjadi karena lemak atau minyak goreng, maka kebakaran tersebut harus dipadamkan dengan pemadam api atau dengan menggeser tutup panci atau wajan untuk mengurangi api dan memotong suplai oksigen. Tetap tenang setiap saat dan pastikan Anda mengenakan sarung tangan sebelum menyentuh permukaan yang panas atau meletakkan tangan Anda di dekat api. Setelah aman untuk melakukannya, tutup bahan yang terbakar dengan kain basah untuk mendinginkannya dan mencegah kebakaran untuk terjadi lagi. Pastikan bahwa outlet listrik atau kabel aman. Jika kuatir, matikan listrik ke dapur sampai situasi aman. Jika kebakaran menyebar, bawa semua orang keluar rumah dan minta bantuan.

10. Pelatihan

Mengetahui bagaimana bereaksi terhadap situasi ini dengan cepat dan benar sangat penting karena kesalahan sederhana dapat membuat perbedaan antara insiden kecil dan darurat besar. Penggunaan pemadam kebakaran yang benar adalah keterampilan lain yang sangat penting yang harus dimiliki setiap orang. Cara terbaik untuk mendapatkan pengetahuan ini adalah melalui pendidikan dan pelatihan dasar. Kursus pengantar dasar tentang keselamatan dan kesadaran tentang kebakaran sangat dianjurkan karena hal ini adalah investasi kecil yang dapat membuat semua perbedaan dalam situasi darurat.

Kesimpulan

Meskipun hal ini mungkin tampak seperti sesuatu yang banyak yang harus dilakukan atau diperhatikan, ini adalah tips umum yang paling mendasar dan mengikutinya akan sangat mengurangi kemungkinan terjadinya kebakaran di dapur. Samson Tiara dengan senang hati membantu memberikan pelatihan pemadaman kebakaran dasar, baik dengan kebakaran langsung atau menggunakan simulator kebakaran digital kami yang canggih. Investasi kecil ini bermanfaat untuk melindungi keluarga dan properti Anda dari bahaya.Sumber & Bacaan Lebih Lanjut

Sumber & Bacaan Lebih Lanjut


https://www.unionplus.org/blog/consumer-tips/emergency-how-deal-fire-kitchen

https://www.london-fire.gov.uk/media/1039/fsith_web.pdf

https://regentrestoration.com/kitchen-grease-fire-clean-up.html

https://www.london-fire.gov.uk/safety/the-home/cooking/

https://safety.lovetoknow.com/Kitchen_Fire_Prevention

https://www.wikihow.com/Prevent-a-Kitchen-Fire

https://www.propertyware.com/blog/8-top-kitchen-fire-safety-tips/

Share