Surat Terbuka untuk Klien Mengenai COVID-19

Kepada klien yang terhormat PT. Samson Tiara, Kami ingin Anda mendengar langsung dari kami tentang situasi pengembangan coronavirus (COVID-19) dan tindakan pencegahan serta rencana yang kami miliki untuk fasilitas pelatihan kami.

Keselamatan dan kesejahteraan Klien dan Karyawan kami, terus menjadi prioritas No. 1 bagi kami.

Jumlah orang yang terpapar positif COVID-19 meningkat dengan cepat di seluruh dunia. Kami bersyukur, sampai saat ini, kami tidak memiliki Peserta Pelatihan atau Karyawan di PT. Samson Tiara yang positif terkena virus.

Kami menjaga kebersihan secara rutin untuk pencegahan penyebaran virus dari kebersihan masing-masing personal dan kebersihan di tempat pelatihan kami.

Oleh karena itu, merujuk kepada pengumuman pandemi Organisasi Kesehatan Dunia, sudah saatnya untuk memberikan tindakan pencegahan yang kami ambil dan dapat memberikan pelayanan yang terbaik saat anda mengunjungi atau mengirimkan karyawan anda ke tempat pelatihan kami.

Kami secara signifikan telah meningkatkan frekuensi dan prosedur secara detail mengenai kebersihan.

Continue reading “Surat Terbuka untuk Klien Mengenai COVID-19”

Pelatihan Keselamatan di Tempat Kerja

Work Place Safety Training

Kecelakaan di tempat kerja dapat menimbulkan dampak yang menghancurkan, mulai dari cedera serius pada karyawan, kerusakan atau kehilangan semua peralatan, dan hilangnya produktivitas serta potensi penghasilan.

Pelatihan Keselamatan di Tempat Kerja adalah salah satu cara terpenting agar perusahaan dapat meminimalkan risiko kecelakaan kerja. Melatih karyawan tentang keselamatan di tempat kerja, cara mengidentifikasi bahaya, cara mengurangi bahaya, dan cara bereaksi serta merespons jika terjadi kecelakaan dapat sangat mengurangi risiko kecelakaan yang terjadi dan potensi keparahannya.

Samson Tiara menyediakan berbagai kursus keselamatan untuk membantu meningkatkan kompetensi dan kesadaran keselamatan pada tenaga kerja Anda. Sebagian besar kursus kami dapat disampaikan di tempat kerja Anda sendiri di lingkungan yang dikenal oleh tenaga kerja Anda atau di pusat pelatihan kami yang merupakan pemenang penghargaan juga. Untuk lebih membantu pelanggan kami selama periode COVID-19, kami juga dapat menyampaikan elemen teoretis dari sebagian besar kursus secara online untuk meminimalkan kontak tatap muka.

Continue reading “Pelatihan Keselamatan di Tempat Kerja”

Mempersiapkan Kesuksesan Pada Saat Bekerja dan Belajar Secara Online

Mempersiapkan Kesuksesan Pada Saat Bekerja dan Belajar Secara Online

Pandemi COVID-19 telah mempersulit banyak aspek kehidupan kita pada tahun 2020, yang secara serius mengganggu hampir semua aspek kehidupan sehari-hari, operasi bisnis, transportasi, pariwisata, dan bahkan pendidikan. Dengan banyaknya tenaga kerja yang dibutuhkan untuk bekerja dari rumah di bawah gaya hidup baru bernama “normal baru”, banyak yang mempertanyakan kemampuan untuk tetap produktif dan mencapai tujuan bisnis dan pribadi. Namun, dengan menggunakan alat yang tepat, banyak bisnis tidak hanya dapat mempertahankan tingkat produktivitas yang wajar dalam tenaga kerja mereka, mereka juga dapat keluar dari sisi lain krisis ini dengan lebih kuat dan lebih siap berkat pendidikan online.

Selama bertahun-tahun, ada banyak layanan pendidikan online gratis dan berbayar yang ditawarkan oleh banyak perusahaan, institut, dan universitas. Meskipun telah ada penggunaan yang memadai dari penawaran ini untuk menjaga agar terus berjalan dan berkembang selama bertahun-tahun, penawaran ini terutama digunakan oleh mereka yang lebih nyaman dengan teknologi. Berkat adaptasi cepat yang diperlukan karena pembatasan COVID-19, semakin banyak orang yang beralih ke penawaran pendidikan online untuk mengasah keterampilan yang ada atau mengembangkan keterampilan baru. Pertumbuhan pendidikan online sangat pesat terjadi selama 6 bulan terakhir. Continue reading “Mempersiapkan Kesuksesan Pada Saat Bekerja dan Belajar Secara Online”

Keselamatan dan Kelangsungan Hidup di Laut

Keselamatan dan Kelangsungan Hidup di Laut

Bahkan di era modern ketika kita sudah memakai pesawat terbang dan helikopter, kita masih sangat tergantung pada keberadaan laut untuk transportasi barang. Kapal kargo, kapal tanker minyak, dan kapal penangkap ikan masih berlayar mengarungi ombak di seluruh dunia setiap hari. Selain itu, sekitar 30% pasokan minyak dunia berasal dari eksplorasi lepas pantai yang berarti masih banyak rig, anjungan produksi, dan kapal pendukung yang beroperasi di laut.

Kecelakaan dapat dan sering terjadi pada industri apa pun yang melibatkan penggunaan mesin yang kompleks dan adanya interaksi antar manusia. Dalam banyak kasus, akar dari penyebab kecelakaan di laut terjadi karena kegagalan mesin, peralatan, sistem atau perlengkapan, cuaca dan kesalahan yang dilakukan oleh manusia. Kesalahan yang dilakukan oleh pekerja dan operator memainkan peran utama dalam kecelakaan laut dan investigasi yang mendalam sangat diperlukan untuk mengungkap tentang mata rantai dari peristiwa yang mengarah ke sebuah insiden. Meskipun insiden yang terjadi mungkin singkat, namun dapat meninggalkan dampak yang bertahan lama, tidak hanya pada orang yang terlibat, tetapi juga pada lingkungan dan ekosistem. Continue reading “Keselamatan dan Kelangsungan Hidup di Laut”

Keselamatan dan Kelangsungan Hidup di Industri Lepas Pantai

Keselamatan dan Kelangsungan Hidup di Industri Lepas Pantai

Bekerja Di Lepas Pantai Dapat Berbahaya

Salah satu karir yang paling berbahaya dan profesi yang berbahaya baik secara fisik maupun mental adalah bekerja di anjungan minyak dan gas di lepas pantai, karena isolasi, kondisi cuaca yang ekstrim, kondisi lokasi serta pengoperasian mesin dan peralatan berat selama berjam-jam pada waktu tersebut dapat menyebabkan risiko cedera dan kematian yang tinggi. Jika terjadi kesalahan di lokasi lepas pantai, akibatnya dapat menjadi bencana. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dalam laporannya merekomendasikan bahwa “pengusaha harus memastikan bahwa pedoman keselamatan transportasi yang paling ketat yang berlaku harus diikuti.”

Menurut Eksekutif Kesehatan dan Keselamatan di Inggris (HSE), beberapa divisi dianggap sebagai pekerjaan di lepas pantai yang paling berbahaya di mana sebagian besar kecelakaan dan cedera terjadi, seperti:

      • Operasi Dek: Ada sekitar 39 insiden yang tercatat dari tahun 2012 hingga 2014
      • Manajemen dan Akomodasi: Ada 43 kematian dari tahun 2013 hingga 2015
      • Minyak dan Gas: Ada 56 insiden pada tahun 2014
      • Pemeliharaan dan Konstruksi: Ada 76 cedera yang tercatat di sektor ini dari tahun 2014 hingga 2015
      • Pengeboran dan Produksi: Dari tahun 2014 hingga 2015, 19 insiden tercatat di lepas pantai Inggris Raya dan tidak ada bukti bahwa langkah-langkah keselamatan pengeboran saat ini melindungi operator pengeboran

Di sebagian besar divisi ini, alat berat dan peralatan berkecepatan tinggi yang digunakan selalu menjadi sumber potensi yang berbahaya. Kebocoran minyak dan gas yang menyebabkan ledakan besar, seperti dalam kasus Piper Alpha dan Deepwater Horizon, sangat mematikan dan merusak lingkungan laut setempat.

Keselamatan harus selalu menjadi perhatian nomor satu baik bagi perusahaan maupun karyawan saat bekerja di lepas pantai. Ketika keselamatan menjadi pertimbangan kedua, kecelakaan serius, cedera, dan bahkan kematian dapat terjadi. Continue reading “Keselamatan dan Kelangsungan Hidup di Industri Lepas Pantai”

Pentingnya Menjaga Keselamatan Tangan

Pentingnya Menjaga Keselamatan Tangan

Tangan manusia adalah prestasi teknis yang luar biasa. Terdiri dari interaksi yang kompleks antara tulang, otot, dan ligamen. Tangan adalah alat yang paling penting untuk berinteraksi dengan dunia di sekitar kita. Tangan kita terus-menerus digunakan dan terlibat dalam hampir setiap tugas yang kita lakukan setiap hari, seringkali tanpa memikirkannya, sehingga membuat tangan kita sangat rentan terhadap cedera.

Karena tangan kita selalu digunakan, maka cedera ringan pada tangan kita dapat memiliki dampak yang tidak proporsional bila dibandingkan dengan cedera ringan pada bagian lain dari tubuh kita. Bandingkanlah antara potongan sederhana pada jari telunjuk dengan luka pada lengan Anda. Keduanya akan terasa sakit. Anda akan membalut luka di lengan dan cenderung melupakannya. Di posisi yang lain, terpotongnya jari Anda akan menyebabkan ketidaknyamanan yang sering terjadi saat Anda melakukan tugas-tugas Anda, yaitu: mencuci tangan, mengetik email, menyiapkan makanan dan berbagai hal mendasar yang Anda lakukan setiap hari tetapi Anda akan terus-menerus diingatkan akan cedera akibat rasa sakit, ketidaknyamanan atau berkurangnya gerakan akibat luka.

Karena pentingnya tangan kita dalam kehidupan kita sehari-hari, penting bagi kita untuk melakukan berbagai hal yang kita mampu lakukan untuk melindungi tangan dari cedera, terutama di tempat kerja. Continue reading “Pentingnya Menjaga Keselamatan Tangan”

Pelatihan Virtual dari IWCF – Sekarang Tersedia

IWCF Virtual Training Announcement

Samson Tiara dengan senang hati mengumumkan bahwa mitra pelatihan kami, yaitu Aberdeen Drilling International, sekarang menawarkan Pelatihan Pengontrolan Pada Pengeboran Sumur dan Pengontrolan Tekanan Perantara pada Sumur yang diakreditasi oleh International Well Control Forum – IWCF (Forum Pengontrolan Sumur Internasional) dengan menggunakan pembelajaran jarak jauh mereka, yaitu ruang kelas virtual.

Platform digital mereka memfasilitasi pengajaran yang dipimpin oleh instruktur dengan presentasi langsung, sesi interaktif yang terbuka di papan tulis virtual, kegiatan tim virtual, dan penilaian dan kuis online. Semuanya dilaksanakan dengan keamanan dan kenyamanan yang ada di rumah atau ruang kerja Anda sendiri.

Dengan kelas yang diadakan pada setiap minggu, semua delegasi akan didukung penuh oleh tim di Aberdeen Drilling International bila ada pertanyaan selama pelatihan.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana kami dapat mendukung persyaratan bagi pelatihan Anda, silahkan hubungi kami di: asia@aberdeendrilling.com atau marketing@survival-systems.com. Continue reading “Pelatihan Virtual dari IWCF – Sekarang Tersedia”

10 Tips Agar Dapur Aman Dari Kebakaran

Rumah Anda adalah tempat perlindungan Anda; di mana keluarga Anda tinggal, tempat Anda untuk melakukan banyak kegiatan dari hobi Anda dan mengistirahatkan tubuh dan jiwa Anda setelah bekerja sepanjang hari di kantor. Tetapi mungkin tempat perlindungan Anda ini tidak sepenuhnya aman. Salah satu risiko terbesar bagi keselamatan di rumah adalah terjadinya kebakaran dan hampir 60% kebakaran di rumah dimulai dari dapur. Api kecil dari lemak saat Anda memasak dapat menjadi besar dan membakar seluruh rumah Anda jika tidak ditangani dengan benar. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan bagaimana Anda mengelola dapur Anda. 10 buah tips disini dapat membantu Anda untuk tetap berada pada keadaan yang aman.

Continue reading “10 Tips Agar Dapur Aman Dari Kebakaran”

Fokus pada Pelatihan Pencegahan Pipa Tersumbat

Apakah kita mencegah insiden atau bereaksi terhadapnya? Sangat perlu untuk mengubah fokus dalam pertempuran yang sedang berlangsung untuk mengurangi kejadian pipa tersumbat.

PERMASALAHAN

Dengan lebih dari 30 tahun pengalaman dalam menyediakan pelatihan khusus untuk Industri Minyak dan Gas, Aberdeen Drilling School telah terbiasa dengan perubahan pada kebutuhan kliennya. Tujuan pelatihannya bergerak seiring waktu, sebagaimana seharusnya pelatihan, tetapi permintaan untuk “pelatihan pencegahan pipa tersumbat termasuk teknik penangkapan ikan” tetap ada.

Statistik yang didukung oleh percakapan dengan klien kami menunjukkan bahwa pipa yang tersumbat sejauh ini merupakan penyebab terbesar hilangnya waktu selama operasi pengeboran. Umpan balik dari Operator menunjukkan bahwa jenis pelatihan yang tepat, dengan fokus pada penyebab pipa tersumbat dan pentingnya komunikasi, dapat secara signifikan mengurangi insiden. Industri profesional akan setuju bahwa mengatasi akar penyebab masalah adalah strategi jangka panjang yang efektif untuk menjadi sukses. Jika kita tahu ini benar, lalu mengapa terjadinya pipa yang tersumbat terus meningkat? Continue reading “Fokus pada Pelatihan Pencegahan Pipa Tersumbat”

Pentingnya Melindungi Pendengaran

Pengantar

Dunia tempat kita hidup menjadi semakin bising, terutama di negara-negara berkembang di mana pertumbuhan populasinya cepat dan industrialisasi berat mengarah pada peningkatan tingkat kebisingan di kehidupan sehari-hari. Peningkatan tingkat kebisingan ini tampaknya bagi sebagian orang hanya sebagai bagian dari kehidupan yang diterima. Tetapi sayangnya peningkatan ini, terutama di kebanyakan lingkungan kerja, dapat menyebabkan masalah kesehatan yang berkelanjutan.

Menurut HCN (1999) dan sebagaimana dikutip oleh WHO (2004), tingkat kebisingan yang tinggi dapat memiliki sejumlah dampak pada kesehatan dan kesejahteraan umum dengan gangguan, hipertensi dan gangguan pada pendengaran pada manusia menjadi efek yang paling banyak dipelajari.Artikel ini akan berfokus terutama pada gangguan pada pendengaran yang disebabkan oleh paparan kebisingan dalam jangka panjang di tempat kerja, dampak yang dapat terjadi pada gangguan pada pendengaran pada kehidupan sehari-hari dan tindakan serta peralatan yang dapat digunakan untuk meminimalkan terjadinya gangguan pendengaran.

Penyebab Gangguan pada Pendengaran

Kehilangan Pendengaran yang disebabkan oleh Kebisingan (Noise-Induced Hearing Loss / NIHL) adalah salah satu biaya kesehatan tersembunyi dari tenaga kerja saat ini. Sementara cedera tulang kerangka, otot, tulang rawan, tendon, ligamen, sendi, dan jaringan ikat lainnya sering berada di garis terdepan pada program keselamatan kerja, namun gangguan pada pendengaran adalah masalah yang sering diabaikan.

Menurut NIOSH (1998), lebih dari 30 juta pekerja di Amerika saja mengalami tingkat kebisingan yang berbahaya di tempat kerja, sementara angka-angka dari Eksekutif Kesehatan dan Keselamatan Inggris (2015) menunjukkan bahwa sekitar 20.0000 pekerja di Inggris menderita NIHL pada tahun 2015. Studi industri terbaru di AS menunjukkan bahwa industri manufaktur dan konstruksi menyumbang lebih dari 65% kasus NIHL yang terkait dengan pekerjaan.

Efek suara keras pada pendengaran dapat menumpuk secara bertahap dari waktu ke waktu atau langsung dalam kasus yang terparah. Tingkat kebisingan yang sangat keras dapat menyebabkan kehancuran sementara pada sel-sel di telinga bagian dalam. Tergantung pada tingkat kebisingan, kekuatan dan lama paparannya, kehilangan pendengaran yang dihasilkan dapat bersifat sementara atau permanen. Suara-suara yang sangat keras, seperti ledakan atau suara tembakan, dapat menyebabkan kehilangan pendengaran segera dan permanen jika itu menghasilkan lubang pada gendang telinga.

Tingkat Suara (desibel) Jenis Paparan Tidak Ada Perlindungan Menggunakan Alat Penyumbat Telinga – ER 20
60 Percakapan  Aman
80 – 85 Restoran BisingPenyedot debu  40 jam Aman
88 GergajiPesta KerasSepeda motor  20 jam Aman
94 Kereta Bawah TanahMengendarai Mesin Pemotong Rumput  5 jam  Aman
97 Pertunjukan Band Secara LangsungAcara Olahraga  2,5 jam  40+ jam 
100 Gergaji Rantai  1,25 jam 40+ jam
112 Konser Rock  5 menit  8 jam 
115 Sirine Ambulans  2,5 menit  4 jam 
Di atas 125 desibel, Anda berada pada resiko pada periode apa pun tanpa perlindungan maksimal 
140 Mesin JetTembakan SenjataPetasan  Kehilangan Seketika   
Tabel 1 – Rekomendasi Mingguan Maksimum yang Disarankan (NIOSH, 1998)

Konsekuensi dari NIHL

 Biasanya, efek pertama dari paparan kebisingan yang berlebihan adalah peningkatan ambang batas pendengaran, yang dapat dinilai oleh tes pendengaran. Karena gangguan pada pendengaran sering terjadi secara bertahap, pekerja yang terkena mungkin tidak mengetahui perubahan kemampuan pendengarannya sampai ada pergeseran ambang batas yang besar. Oleh karena itu, penting bagi pekerja yang terpapar kebisingan tingkat tinggi untuk menjalani Tes Pendengaran secara rutin. Terjadinya NIHL tidak dapat diubah dan dapat meningkatkan keparahan dengan paparan terus-menerus. Jadi deteksi dini dan mitigasi adalah kunci untuk mengendalikan gangguan yang berkelanjutan.

 Menurut WHO, akibat dari NIHL meliputi:

    • Isolasi sosial;
    • Gangguan komunikasi dengan rekan kerja dan keluarga;
    • Menurunnya kemampuan untuk memonitor lingkungan kerja (sinyal peringatan, suara peralatan);
    • Meningkatnya cedera akibat gangguan komunikasi dan isolasi;
    • Kecemasan, lekas marah, turunnya rasa percaya diri;
    • Kehilangan produktivitas;
    • Biaya untuk kompensasi pekerja dan alat bantu dengar.

Alat Pelindung Diri untuk Perlindungan Pendengaran

 Untuk memilih perlindungan pada pendengaran yang tepat untuk kebutuhan Anda, penting untuk memahami tingkat kebisingan di tempat Anda bekerja. NIOSH dan badan keselamatan lainnya merekomendasikan agar tidak tidak terjadi lebih dari 8 jam paparan tingkat kebisingan pada tingkat 80 desibel. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami tingkat kebisingan yang Anda hadapi.

Ketahuilah dengan teratur tentang tingkat kebisingan yang dihasilkan oleh peralatan dari pabrik yang membuatnya, meskipun faktor lingkungan lainnya, seperti lingkungan umum (dalam ruangan, luar ruangan, jenis dinding, dll.) dapat mempengaruhi tingkat kebisingan secara nyata yang dialami oleh mereka yang dekat dengan mesin atau pekerjaan yang dilakukan. Pengukur Suara dapat digunakan untuk mengukur Tingkat Kebisingan Lingkungan yang akurat. Ada juga beberapa aplikasi telepon selular pintar yang dapat memberikan gambaran umum tentang tingkat kebisingan di daerah sekitar Anda, meskipun aplikasi ini mungkin tidak seakurat Pengukur Suara yang dibuat khusus. Anda juga dapat merujuk pada Tabel 1 untuk gambaran umum tentang Tingkat Kebisingan dalam berbagai kondisi kerja.

Ada dua jenis utama dari Perlindungan pada Pendengaran, dengan variasi yang tersedia, yaitu:

Penyumbat Telinga

Penutup Telinga

    • Dengan tali
    • Terikat
    • Sekali Pakai
    • Yang dibuat menurut pesanan

 

    • Di atas kepala
    • Helm terpasang

Baik Penyumbat Telinga dan Penutup Telinga menawarkan Perlindungan pada Pendengaran, meskipun penyumbat telinga menawarkan lebih banyak. Peringkat Pengurangan Kebisingan untuk Penyumbat Telinga berkisar antara 22 sampai 33 desibel, sementara Penutup Telinga berkisar antara 20 sampai 30 desibel. Ketika situasi mengharuskan, kedua alat ini dapat digunakan secara bersamaan untuk memberikan pengurangan tingkat kebisingan yang lebih baik.

NIOSH merekomendasikan rumus berikut untuk menghitung Peringkat Pengurangan Kebisingan yang lebih akurat, yaitu: (NRR – 7) / 2. Jadi menggunakan rumus ini, Penyumbat Telinga dengan peringkat 30 desibel adalah (30-7) / 2 = 11,5. Jika Anda bekerja di lingkungan yang memiliki tingkat kebisingan 90 desibel, Penyumbat Telinga akan mengurangi tingkat kebisingan menjadi 78,5 desibel, dibawah tingkat maksimum yang direkomendasikan yaitu 80 desibel.

Penyumbat Telinga

Penutup Telinga

Keuntungan:

    • Kecil dan mudah dibawa
    • Nyaman digunakan dengan Alat Pelindung Diri lainnya (bisa dikenakan dengan Penutup Telinga)
    • Lebih nyaman untuk pemakaian jangka panjang di area kerja yang panas dan lembab
    • Nyaman digunakan di area kerja terbatas

Keuntungan:

    • Kurangnya pelemahan yang berubah-ubah di antara pengguna
    • Didesain secara khusus sehingga satu ukuran cocok untuk sebagian besar ukuran kepala
    • Mudah dilihat dari jauh untuk membantu dalam pemantauan penggunaannya
    • Tidak mudah salah tempat atau hilang
    • Dapat dipakai untuk infeksi telinga ringan

 

Kekurangan:

    • Membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyesuaikan
    • Lebih sulit untuk memasukkan dan melepaskan
    • Memerlukan perilaku kebersihan yang baik
    • Dapat mengiritasi saluran telinga
    • Mudah berada pada tempat yang salah
    • Lebih sulit untuk melihat dan memantau penggunaan

Kekurangan:

    • Kurang portable dan lebih berat
    • Lebih tidak nyaman untuk digunakan dengan Alat Pelindung Diri lainnya
    • Lebih tidak nyaman di tempat kerja yang panas dan lembab
    • Lebih nyaman untuk digunakan di area kerja terbatas
    • Dapat mengganggu pemakaian kacamata keselamatan atau resep, karena memakai kacamata akan merusak segel antara penutup telinga dan kulit dan mengakibatkan penurunan perlindungan pendengaran

 

Kesimpulan

Kegagalan untuk mengatasi masalah kebisingan di tempat kerja dapat mengakibatkan masalah kesehatan jangka panjang, produktivitas yang lebih rendah dan bahkan dapat menyebabkan kecelakaan tambahan di tempat kerja. Oleh karena itu, sangat penting bagi para pekerja untuk memiliki Perlindungan pada Pendengaran yang tepat dan pelatihan dalam penggunaannya untuk memastikan keselamatan mereka yang berkelanjutan.

Samson Tiara hadir untuk membantu masalah keamanan penting ini. Kami menyediakan Program Pelatihan untuk Perlindungan pada Pendengaran, yang membantu para pekerja untuk memahami dan mengidentifikasi risiko yang berhubungan dengan bekerja di tempat kerja yang bising dan memahami cara penggunaan berbagai jenis Alat Pelindung Diri untuk pendengaran yang benar. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana kami dapat menjaga tenaga kerja Anda tetap aman, silakan hubungi kami di:

PT Samson Tiara
The Garden Center #6-03,
Kawasan Komersial Cilandak,
Jl. Raya Cilandak KKO,
Jakarta 12560, Indonesia

Phone: +62 21 780 1388
Fax: +62 21 780 1389

Email: office@survival-systems.com / marketing@survival-systems.com   Website: http://www.samson-tiara.co.id
LinkedIn: https://www.linkedin.com/company/pt.-samson-tiara  

* PT. Samson Tiara adalah 1 dari 14 penyedia pelatihan TEEX terakreditasi di dunia.*

* PT. Samson Tiara adalah Penyedia Pelatihan yang Disetujui oleh OPITO pertama di Indonesia & pemenang penyedia pelatihan OPITO pada tahun 2016. *


Referensi dan Bacaan Lebih Lanjut: