Keselamatan dan Kelangsungan Hidup di Laut

Bahkan di era modern ketika kita sudah memakai pesawat terbang dan helikopter, kita masih sangat tergantung pada keberadaan laut untuk transportasi barang. Kapal kargo, kapal tanker minyak, dan kapal penangkap ikan masih berlayar mengarungi ombak di seluruh dunia setiap hari. Selain itu, sekitar 30% pasokan minyak dunia berasal dari eksplorasi lepas pantai yang berarti masih banyak rig, anjungan produksi, dan kapal pendukung yang beroperasi di laut.

Kecelakaan dapat dan sering terjadi pada industri apa pun yang melibatkan penggunaan mesin yang kompleks dan adanya interaksi antar manusia. Dalam banyak kasus, akar dari penyebab kecelakaan di laut terjadi karena kegagalan mesin, peralatan, sistem atau perlengkapan, cuaca dan kesalahan yang dilakukan oleh manusia. Kesalahan yang dilakukan oleh pekerja dan operator memainkan peran utama dalam kecelakaan laut dan investigasi yang mendalam sangat diperlukan untuk mengungkap tentang mata rantai dari peristiwa yang mengarah ke sebuah insiden. Meskipun insiden yang terjadi mungkin singkat, namun dapat meninggalkan dampak yang bertahan lama, tidak hanya pada orang yang terlibat, tetapi juga pada lingkungan dan ekosistem.

Sumber Umum dari Kecelakaan Maritim

      • Kecelakaan pada Anjungan dan Instalasi Minyak Lepas Pantai: Insiden Deepwater Horizon pada tahun 2010 di Teluk Meksiko adalah kecelakaan yang melibatkan anjungan minyak. Eksplorasi minyak dan gas di lepas pantai banyak menggunakan alat berat dan proses kerja yang kompleks. Bahkan masalah kecil atau kelalaian satu proses kerja dapat menyebabkan insiden bencana yang besar.
      • Kecelakaan pada Kapal Tanker Minyak: Penyebab utama kecelakaan pada Kapal Tanker Minyak adalah adanya kebakaran atau ledakan. Sifat material yang diangkut oleh kapal tanker berbahaya dan sangat mudah terbakar, sehingga memudahkan terjadinya ledakan. Menurut statistik, penyebab terbesar dari insiden pada kapal tanker minyak adalah karena kelalaian yang dilakukan oleh pekerja.
      • Terdamparnya kapal dan kerusakan pada lambung: Terdamparnya kapal terjadi ketika bagian bawah kapal mengikis benda-benda yang terendam, seperti tumpukan pasir, bebatuan atau dasar laut yang dangkal. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada lambung, kebocoran dan kerusakan pada lingkungan.
      • Kecelakaan akibat kerusakan pada mesin derek: Seperti halnya pengoperasian mesin derek di darat, pengoperasian mesin derek di pelabuhan dan di laut juga membawa risiko kecelakaan. Kegagalan pada kabel atau mesin derek dapat menyebabkan cedera yang serius, terkadang fatal.
      • Narkoba dan alkohol: Penyalahgunaan zat merupakan masalah di seluruh dunia, bahkan di Industri Maritim. Ketika para pekerja terkena narkoba atau alkohol, hal ini dapat mengganggu pikiran mereka dan membuat mereka lebih rentan untuk melakukan kesalahan atau mengambil risiko yang tidak perlu, sehingga menyebabkan kecelakaan.

EMSA (European Maritime Safety Agency) melaporkan bahwa jumlah kecelakaan di laut pada tahun 2017 adalah sebanyak 3.301 dan jumlah total kecelakaan dan korban jiwa pada tahun 2018 adalah sekitar 3.174.

Pelatihan Dasar untuk Kelangsungan Hidup di Laut

Selain tetap waspada terhadap lingkungan sekitar serta memiliki kemampuan dan kepercayaan diri untuk mengidentifikasi dan mengurangi risiko, ada banyak cara untuk memaksimalkan kemungkinan untuk terhindar dari kecelakaan di laut, seperti:

      • Membuat laporan tentang kemungkinan adanya resiko: Sangat penting untuk selalu memperhatikan apapun yang terjadi selama pelayaran, termasuk untuk mengetahui tentang kecelakaan apa saja yang telah terjadi dan mungkin terjadi di sepanjang rute; dan mengetahui kondisi saat ini, seperti cuaca, arus, lalu lintas, keamanan, dan banyak lagi. Berdasarkan informasi ini, Anda dapat membuat laporan kepada perusahaan yang dapat membantu Anda dan perusahaan untuk memutuskan apakah Anda ingin melanjutkan rencana atau menundanya.
      • Memeriksa dan memantau: Sangat perlu bagi Anda untuk selalu memastikan bahwa peralatan dan mesin yang Anda andalkan berada dalam kondisi yang baik dan terawat. Sama pentingnya untuk memantau kondisi kesehatan dan kelelahan diri Anda dan para pekerja. Kelelahan dapat menyebabkan gangguan dan kemungkinan terjadinya kesalahan yang meningkat.
      • Pelatihan: Jika terjadi kecelakaan, sangat penting untuk mengetahui keberadaan peralatan untuk bertahan hidup yang tersedia dan bagaimana cara menggunakannya agar Anda dapat tetap hidup sampai Anda dapat diselamatkan. Samson Tiara memberikan Training Basic Sea Survival (BSS) untuk para pekerja di industri lepas pantai yang memastikan bahwa mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dan dibutuhkan agar mereka dapat bertahan hidup ketika kecelakaan terjadi di laut.

Sebagaimana yang telah ditentukan oleh International Association of Sea Survival Training (IASST), para peserta dari Training BSS akan dilatih untuk mengenali adanya risiko yang mungkin terjadi ketika bekerja di lepas pantai, mengetahui tentang teknik keselamatan dan kelangsungan hidup yang sesuai, dan dapat menggunakan berbagai peralatan penyelamat hidup yang tepat. Kami memberikan pelatihan untuk menggunakan semua peralatan penyelamat yang sesuai, termasuk rakit penyelamat, sekoci, jaket pelampung SOLAS (Keamanan Hidup di Laut), perangkat bersinyal serta prosedur untuk mengabaikan dan memulihkan. Training BSS yang dilaksanakan selama satu hari ini mempelajari tentang teorinya selama setengah hari dan mendapatkan latihan praktek selama setengah hari juga. Pelatihan BSS ini berlaku selama 2 tahun.

Untuk detail lebih lanjut tentang Training BSS ini, Anda dapat mengunjungi profil tentang pelatihan tersebut di sini: https://www.samson-tiara.co.id/Course/Basic-Sea-Survival/ .

Jadwal dari pelatihan kami dapat dilihat di: https://www.samson-tiara.co.id/Schedule/ .

Untuk mengetahui tentang harga kami yang paling kompetitif, silakan hubungi kami di: https://www.samson-tiara.co.id/Contact-Us/Online-Form/ .

Baru-baru ini, Samson Tiara diakreditasi oleh OPITO untuk Training D-BOSIET (Digital Basic Offshore Safety Induction & Emergency Training). Pelatihan ini, yang juga mencakup Basic Sea Survival, menyediakan kesempatan bagi para peserta untuk melakukan semua elemen teoritis secara online di rumah sebelum menghadiri sesi praktek selama satu hari di pusat pelatihan kami, dan hal ini sangat menghemat waktu dan uang Anda. Anda dapat mendaftar di: https://www.samson-tiara.co.id/Registration/ .

Selama masa Pandemi COVID-19, Samson Tiara mengadakan sesi pelatihan dengan jumlah peserta yang sangat terbatas. Kami juga menerapkan peraturan yang sangat ketat, yaitu: adanya penjagaan jarak secara sosial, penggunaan masker, pemeriksaan suhu tubuh, peningkatan pembersihan dan disinfektan; dan semua peserta diwajibkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan resmi sebelum mendaftarkan diri.

Samson Tiara berdedikasi untuk meningkatkan keselamatan dan kesejahteraan semua pekerja, dan menyediakan berbagai macam pelatihan keselamatan lainnya. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang pelatihan yang kami tawarkan dan apa yang dapat kami lakukan untuk meningkatkan keselamatan para pekerja di organisasi Anda, jangan ragu untuk menghubungi kami di:

Samson Tiara
The Garden Center #6-03,
Kawasan Komersial Cilandak,
Jl. Raya Cilandak KKO,
Jakarta 12560, Indonesia

Phone: +62 21 780 1388
Fax: +62 21 780 1389

Email: office@survival-systems.com / marketing@survival-systems.com
Website: http://www.samson-tiara.co.id
LinkedIn: https://www.linkedin.com/company/pt.-samson-tiara

* PT. Samson Tiara adalah 1 dari 14 penyedia pelatihan terakreditasi oleh TEEX di dunia.*

* PT. Samson Tiara adalah Penyedia Pelatihan yang Disetujui OPITO pertama di Indonesia & pemenang penyedia pelatihan OPITO pada tahun 2016.*


Referensi dan Bacaan Lebih Lanjut

12 Types of Maritime Accidents:
https://www.marineinsight.com/marine-safety/12-types-of-maritime-accidents/

3,174 maritime casualties and incidents reported in 2019:
https://safety4sea.com/23073-maritime-casualties-and-incidents-reported-in-2019/

10 tips to avoid accidents at sea:
https://safety4sea.com/ten-tips-to-avoid-accidents-at-sea/

Maritime Accidents and Injuries:
https://www.maritimeinjuryguide.org/maritime-accidents-injuries/

Share