Apa yang Anda Cari di Penyedia Pelatihan?

Ketika berencana untuk terlibat dalam Pelatihan Keselamatan untuk Industri Minyak & Gas, faktor-faktor apakah yang Anda pertimbangkan? Apakah Lokasi, Fasilitas, Kualitas, Pengalaman, Harga, Akreditasi, atau Keselamatan? Masing-masing faktor ini memiliki manfaat yang besar secara terpisah, namun mereka semua sebenarnya terkait erat ketika datang ke pelatihan. Jika kita mempelajari semuanya, kita akan menemukan bahwa sulit untuk memiliki satu tanpa yang lain, terutama yang terkait dalam Industri Minyak & Gas, di mana keselamatan merupakan aspek yang sangat penting.

Keselamatan harus selalu menjadi perhatian utama ketika memilih pelatihan. Hal ini mungkin klise tetapi Anda harus selalu memastikan bahwa ada tingkat keselamatan tertinggi ketika berpartisipasi kedalam pelatihan. Akan selalu ada beberapa tingkat risiko, tergantung pada jenis pelatihan yang Anda lakukan. Bagaimanapun juga, Anda dilatih untuk bekerja di lingkungan yang berbahaya dan Anda harus selamat dari situasi berbahaya. Pada saat berpartisipasi dalam pelatihan, bahaya-bahaya ini tampak jauh lebih kecil daripada yang mungkin terjadi didalam situasi nyata dan dapat dikurangi, tetapi bahaya-bahaya ini memang ada.

Meminimalisasikan dan mengontrol situasi berbahaya selama pelatihan berjalan seiring dengan kualitas yang mencakup banyak aspek pelatihan, tidak hanya kualitas perlengkapan pelatihan itu sendiri, tetapi juga peralatan, fasilitas, dan staf yang terlibat. Peralatan harus dirawat dengan baik dan diservis secara teratur dan dokumentasi pemeliharaan ini perlu disimpan. Semua fasilitas yang digunakan harus dibangun dengan tujuan, dibangun dengan benar, dan melakukan pekerjaan yang sesuai dengan tujuannya sambil memberikan keamanan dan suasana yang kondusif untuk pembelajaran. Semua staf yang terlibat dalam memberikan pelatihan harus memiliki tingkat pengalaman yang sesuai dan semua instruktur harus disertifikasi. Semua staf, bukan hanya instruktur, harus didorong untuk tidak hanya mempertahankan keterampilan mereka, tetapi juga untuk memperbarui dan meningkatkan ketrampilannya melalui rencana pengembangan staf sehingga mereka dapat menawarkan pelatihan terbaru kepada murid mereka.

Juga sangat penting bahwa penyedia pelatihan memiliki sistem manajemen kualitas dan rencana tanggap darurat yang tersedia dan terkini. Sistem manajemen mutu harus memastikan bahwa ada serangkaian prosedur terdokumentasi yang kuat dan sangat terperinci yang menghubungkan semua aspek pelatihan dan manajemen. Ini harus mencakup: prosedur yang didokumentasikan secara formal untuk memastikan keselamatan semua latihan, semua proses dan daftar pemeriksaan yang diperlukan untuk penilaian peserta pelatihan, persyaratan administrasi, penyimpanan catatan, rencana Kesehatan, Keamanan & Lingkungan, rencana pemeliharaan & catatan, rencana tanggap darurat, matriks pelatihan karyawan, bagan organisasi, instruksi kerja, latihan, dll. Semua aspek sistem manajemen mutu harus bekerja bersama untuk mendukung seluruh operasi organisasi.

Rencana tanggap darurat, sebagai bagian yang sangat penting dari sistem manajemen mutu, harus memuat prosedur yang solid, didokumentasikan dengan baik dan mempraktikkan prosedur yang harus dilakukan oleh staf pelatihan selama keadaan darurat, seperti bencana alam, kecelakaan dan insiden untuk membantu mencegah masalah lebih lanjut dikala tetap menjaga lingkungan yang terkendali . Setiap penyedia pelatihan harus berada dalam posisi untuk memikul tanggung jawab penuh baik bagi stafnya maupun para peserta pelatihan dan harus memiliki rencana tanggap darurat yang komprehensif untuk mencapai hal ini.

Bagaimana seseorang bisa yakin bahwa Penyedia Pelatihan memiliki Sistem Manajemen Mutu dan Rencana Tanggap Darurat yang sesuai? Melalui Audit Komprehensif.

Penyedia pelatihan yang berkualitas secara berkala diaudit oleh pelanggan mereka untuk memastikan bahwa mereka memenuhi standar keselamatan internal klien dan standar keamanan yang diterima secara internasional, yaitu bahwa semua peralatan pelatihan aman dan terpelihara dengan baik dan bahwa staf yang melakukan pelatihan adalah kompeten. Namun audit ini dapat, dan seringkali memang, menjadi beban bagi penyedia pelatihan dan klien, dan di sinilah akreditasi membantu. Organisasi internasional seperti OPITO (Offshore Petroleum Industry Training Organization – Organisasi Pelatihan Industri Minyak Lepas Pantai) mengesahkan dan menyetujui pusat yang fasilitas, peralatan, staf, dan kursusnya memenuhi persyaratan yang ketat. Sertifikasi dari OPITO harus dipertahankan melalui kepatuhan ketat kepada pedoman OPITO, pengembangan staf yang konstan, pemeliharaan peralatan dan fasilitas, dan keberhasilan audit tahunan dari OPITO. Mengetahui bahwa penyedia pelatihan telah disetujui OPITO meringankan beban di pundak para peserta pelatihan dan pemimpin mereka karena mereka dapat yakin bahwa penyedia pelatihan diaudit secara berkala oleh, dan beroperasi di dalam, sebuah organisasi internasional yang standarnya ditentukan oleh Industri Minyak & Gas.

Untuk memelihara semua ini; keselamatan, perlengkapan latihan yang berkualitas, instruktur yang berkualifikasi, peralatan dan fasilitas yang terpelihara dengan baik dan berakreditasi internasional, bukanlah upaya yang murah dan oleh karena itu harus diberi harga yang sesuai. Jika harga tidak cukup untuk memelihara elemen-elemen ini, maka satu atau lebih dari hal tersebut akan menurunkan atau dihilangkan bersama-sama sehingga mempertaruhkan kualitas, keamanan dan pengakuan pelatihan.

Banyak penyedia pelatihan yang berkualitas rendah dan berbiaya rendah mengklaim telah memberikan pelatihan yang “Sesuai dengan standar OPITO”. Hal ini TIDAK disetujui OPITO, dan tidak ada jaminan bahwa mereka memenuhi syarat untuk memberikan pelatihan seperti itu karena tidak ada audit yang dilakukan oleh OPITO atau lembaga sertifikasi lainnya. Ini sama dengan menyatakan bahwa, “Sistem manajemen mutu kami sesuai dengan ISO 9001 tetapi tidak disetujui oleh ISO.” Tanpa persetujuan, satu-satunya cara untuk memastikan bahwa pernyataan ini benar adalah mengenal standar dan melakukan audit menyeluruh sendiri. Pada akhirnya, pernyataan itu tidak lain adalah asap dan cermin, sebuah taktik pemasaran yang digunakan untuk mencoba menipu mereka yang tidak terbiasa dengan Pelatihan Keselamatan dan Standar Internasional untuk menerima pelatihan di bawah standar.

Sebagian besar penyedia pelatihan ini tidak memiliki fasilitas atau peralatan pelatihan sendiri, seringkali mengandalkan fasilitas publik sewaan untuk melakukan pelatihan mereka, yang merupakan pelanggaran langsung terhadap standar OPITO. Tanpa pusat pelatihan yang tetap, Simulator Pelatihan Melarikan Diri dengan Helikopter ke Bawah Air, Pengemudi Kapal untuk Menyelamatkan Manusia di Lepas Pantai, instruktur internal, asisten instruktur, penyelam, paramedis, tim pemeliharaan, Tim Penjamin Mutu & Kesehatan, Keselamatan dan Lingkungan, sistem kontrol kualitas dan prosedur tanggap darurat. perusahaan ini sama sekali tidak bertindak sesuai dengan standar OPITO dan pada kenyataannya melanggar standar tersebut. 

Pelatihan keselamatan seharusnya tidak hanya tentang memenuhi persyaratan atau peraturan, atau tentang memenuhi kebutuhan matriks pelatihan, tetapi harus lebih banyak tentang meningkatkan keterampilan, sikap terhadap keselamatan dan peluang bertahan hidup bagi mereka yang dilatih. Pada akhir pelatihan apa pun, peserta harus telah mempelajari keterampilan yang berharga dan dapat menerapkan keterampilan itu, tidak hanya dalam keadaan darurat, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari ketika mereka bekerja dan pada kehidupan pribadi mereka.

Kesimpulannya, ketika Anda berencana untuk terlibat dalam pelatihan keselamatan untuk Industri Minyak & Gas, sangat disarankan untuk memfaktorkan semua elemen seperti Lokasi, Fasilitas, Kualitas, Pengalaman, Harga, Akreditasi dan Keselamatan dalam keputusan Anda. Ingatlah bahwa, seringkali, bila harganya lebih rendah berarti risikonya lebih tinggi dan keselamatannya lebih rendah, tidak ada akreditasi internasional, kurangnya peralatan dan instruktur yang tepat yang seringnya hanya memiliki pengetahuan dan pengalaman lebih sedikit daripada yang sudah terlatih. Selalu pastikan untuk meminta persetujuan internasional atau melakukan audit keselamatan menyeluruh sebelum Anda terlibat dalam pelatihan apa pun.

———————————————————-

OPITO adalah organisasi nirlaba yang dimiliki oleh operator Minyak & Gas di seluruh dunia untuk memastikan standardisasi kualitas tertinggi untuk pelatihan keselamatan Minyak & Gas yang disetujui di seluruh dunia. Mereka secara bebas menawarkan salinan standar mereka dan ini dapat diunduh langsung dari situs web OPITO. Untuk informasi lebih lanjut tentang OPITO, silakan kunjungi www.opito.com/international.

———————

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi PT Samson Tiara di: 

Samson Tiara
The Garden Center #6-03,
Kawasan Komersial Cilandak,
Jl. Raya Cilandak KKO,
Jakarta 12560, Indonesia

Phone: +62 21 780 1388 
Fax: +62 21 780 1389 
Email: office@survival-systems.com / marketing@survival-systems.com  
Website: http://www.samson-tiara.co.id 
LinkedIn: https://www.linkedin.com/company/pt.-samson-tiara 

* PT. Samson Tiara is 1 of 14 TEEX accredited training providers in the world.*

* PT. Samson Tiara is the first OPITO Approved Training Provider in Indonesia & winner of the 2016 OPITO training provider of the year.*

Share