Fokus pada Pelatihan Pencegahan Pipa Tersumbat

Apakah kita mencegah insiden atau bereaksi terhadapnya? Sangat perlu untuk mengubah fokus dalam pertempuran yang sedang berlangsung untuk mengurangi kejadian pipa tersumbat.

PERMASALAHAN

Dengan lebih dari 30 tahun pengalaman dalam menyediakan pelatihan khusus untuk Industri Minyak dan Gas, Aberdeen Drilling School telah terbiasa dengan perubahan pada kebutuhan kliennya. Tujuan pelatihannya bergerak seiring waktu, sebagaimana seharusnya pelatihan, tetapi permintaan untuk “pelatihan pencegahan pipa tersumbat termasuk teknik penangkapan ikan” tetap ada.

Statistik yang didukung oleh percakapan dengan klien kami menunjukkan bahwa pipa yang tersumbat sejauh ini merupakan penyebab terbesar hilangnya waktu selama operasi pengeboran. Umpan balik dari Operator menunjukkan bahwa jenis pelatihan yang tepat, dengan fokus pada penyebab pipa tersumbat dan pentingnya komunikasi, dapat secara signifikan mengurangi insiden. Industri profesional akan setuju bahwa mengatasi akar penyebab masalah adalah strategi jangka panjang yang efektif untuk menjadi sukses. Jika kita tahu ini benar, lalu mengapa terjadinya pipa yang tersumbat terus meningkat?

Melihat lebih dekat pada Pelatihan Pipa yang Tersumbat akan memberi tahu kepada Anda bahwa, bahkan dengan dimasukkannya kata “pencegahan” dalam judul, sebagian besar pelatihan adalah tentang peristiwa pipa yang tersumbat. Artinya, industri cenderung menekankan tentang apa yang harus dilakukan ketika pipa menjadi tersumbat daripada tentang bagaimana caranya untuk mencegah peristiwa itu terjadi. Kami bereaksi terhadap masalah daripada mencegahnya. Kombinasi dari kurangnya efektivitas pelatihan dan kebutuhan untuk mengembangkan kemampuan untuk merekayasa sumur dan mengoperasikan pengeboran secara intuitif menunjukkan bahwa sangat diperlukan sebuah pendekatan yang berbeda untuk Pelatihan Pencegahan Pipa Tersumbat.

Peningkatan alat pengeboran pembangun baru, baik di ujung teknologi tinggi dari unit pengeboran lepas pantai maupun alat pengeboran darat pembangun baru untuk hidrokarbon yang tidak konvensional, membutuhkan perekrutan, pengembangan dan mempertahankan lebih banyak para pekerja pengeboran. Industri ini tidak hanya bergerak ke lingkungan yang lebih kompleks dan menantang seperti tempat pengeboran kilang minyak bertekanan tinggi dan bersuhu tinggi, tetapi juga pindah ke lingkungan berbiaya rendah dan bervolume tinggi di mana faktor kunci keberhasilannya adalah pada kinerja yang berulang.

Dalam lingkungan pengeboran berbiaya rendah saat ini, biaya dimuka sumur ditekankan dan biaya pemeliharaan sering diabaikan atau tidak dihargai. Akibatnya, peluang penghematan biaya potensial yang tersedia selama pemeliharaan sumur tidak diwujudkan. Masalah yang khusus ini bisa menjadi salah satu prioritas yang saling bertentangan ketika datang ke rancangan dan operasi sumur. Sumur yang dirancang oleh insinyur terkadang kurang fokus untuk mengurangi risiko tersumbat. Fokus pengawas pengeboran pada anggaran sumur selama proses pengeboran kadang-kadang mengatasi kekhawatiran lainnya. Sementara, para pekerja pengeboran diajarkan untuk mengamati kontrol dengan baik tetapi terkejut ketika saluran pengebor menjadi tersumbat.

Industri Minyak baru-baru ini telah melalui salah satu penurunan paling lama dalam beberapa tahun dimana Industri Pengeboran secara efektif kosong selama 3 tahun. Ketika sejumlah operasi ditutup dan pekerjaan hilang, orang-orang yang lahir dari tahun 1946 sampai 1964 yang bekerja sebagai para pekerja pengeboran dan insinyur yang baik mengambil masa pensiun mereka dan memberikan pekerjaan mereka ke generasi berikutnya. Dalam sebagian besar kasus, pengetahuan dan keterampilan dari generasi pensiunan belum terlampaui.

Ketika persyaratan untuk sumur baru menjadi jelas, kemungkinan akan ada periode baru untuk perekrutan dan promosi. Sementara pendatang baru di industri memiliki kecerdasan dan berpendidikan, mereka dirugikan oleh kurangnya pengalaman mereka. Tidak diketahui berapa banyak orang yang sudah punya pengalaman yang banyak akan kembali dan meneruskan pengetahuan mereka ketika industri mulai aktif kembali. Mereka yang tidak cukup beruntung untuk memiliki puluhan tahun pengetahuan dan pengalaman yang dibagikan kepada mereka melalui pelatihan di tempat kerja harus belajar dari awal dan mengulangi kesalahan lama.

SOLUSI

Diperlukan pendekatan yang menyeluruh untuk Pelatihan Pipa Tersumbat yang memiliki perhitungan untuk mencegah pipa agar tidak tersumbat yaitu mulai dari konsep sumur hingga penyelesaian sumur.

Fokus Pelatihan Pencegahan Pipa Tersumbat pada bagian rancangan proyek sangat penting. Pada tahap perancangan dan latihan ulasan dari rekan kerja untuk mengebor sumur di atas kertas berikutnya, potensi jaminan pipa bebas dapat dievaluasi.

Jaminan pipa bebas di sini didefinisikan sebagai proses di mana saluran pengebor selalu bebas berputar dan bergerak. Kita semua sadar bahwa keberhasilan dari Operasi Pengeboran tergantung pada perencanaan yang kuat, identifikasi risiko dan peringanan risiko. Rancangan dan perencanaan sumur yang tidak memadai memberikan tanggung jawab untuk mencegah pipa menjadi tersumbat kepada para pekerja pengeboran melalui waktu reaksi mereka dan tindakan pertama yang benar.

Jika “Perencanaan Pipa Tersumbat” adalah bagian yang penting untuk mengurangi insiden dan biaya dari pipa yang tersumbat, maka pelatihannya perlu fokus pada rancangan dan perencanaan sumur, dan oleh karena itu, peserta pelatihan harus menyertakan insinyur sumur dan pengawas pengeboran.

Dalam pelatihan seperti ini, perlu dipertimbangkan aspek-aspek rancangan sumur yang memiliki dampak penting pada jaminan pipa bebas seperti mekanika batuan, cairan pengeboran, pembersihan lubang, hidrolika sumur bor, rancangan dan optimalisasi pengebor saluran dan profil sumur. Berbagai aspek ini perlu ditinjau dan dieksplorasi, tidak secara independen, tetapi dalam hal bagaimana keputusan merancang di satu bidang mempengaruhi dan berdampak pada kendala perancangan dan keputusan di bidang lain.

Kita harus memikirkan tentang jaminan pipa gratis dengan cara yang sama seperti pada saat kita memikirkan tentang perencanaan sumur untuk sumur tempat pengeboran kilang minyak bertekanan tinggi dan bersuhu tinggi yang kompleks.

Pelatihan kepada para pekerja pengeboran baik di ruang kelas atau di alat pengeboran harus bertujuan untuk mengembangkan pemahaman para pekerja pengeboran tentang apa yang terjadi di bawah daerah pengeboran. Tujuannya adalah untuk mengembangkan kemampuan mereka untuk “melihat” apa yang sedang terjadi dan memprediksi apa yang mungkin terjadi di masa depan dari data yang mereka miliki. Sebagai contoh, lebih baik berurusan dengan indikasi pembersihan lubang yang buruk daripada melanjutkan proses pengeboran sampai membuat saluran pengeboran menjadi tersumbat.

Di Aberdeen Drilling School, kami menyebut pelatihan jenis ini sebagai proses pengembangan “kamera berlubang bawah di kepala Anda”. Untuk mengembangkan kamera ini, dibutuhkan pelatihan yang bergerak di luar indikasi pipa yang tersumbat dan tindakan pertama dan lebih ke arah menafsirkan data dan memahami apa yang terjadi dan mengapa itu terjadi.

METODE

Sementara bahan pelatihan perlu diubah, manfaatnya juga dapat diperoleh dengan cara menggunakan metode dan gaya pengajaran yang berbeda. Beberapa perubahan yang telah dikembangkan di Aberdeen Drilling School adalah termasuk tentang pemahaman bahwa para pesertanya harus melakukan kegiatan yang berpusat pada pembelajaran. Kita perlu memahami apa yang dibutuhkan oleh para peserta pelatihan dan menyampaikan informasinya dengan cara yang dapat diidentifikasi oleh para peserta. Pelatihan harus mengacu pada pengalaman dan pengetahuan untuk belajar sendiri untuk mengembangkan pemahaman yang lebih dalam. Ini harus menjadi interaktif yang melibatkan dan mempersonalisasikan pelatihan sedemikian rupa sehingga dapat dipahami dan diingat. Bidang spesifik dan sejarah kasus regional membuat masalah lebih nyata dan mengungkapkan perencanaan pada dunia nyata dan pengambilan keputusan operasinya dapat ditantang oleh para peserta.

Simulator pengeboran yang digunakan untuk pelatihan kontrol sumur berpotensi menjadi pengubah permainan yang signifikan dalam Pelatihan Pencegahan Pipa Tersumbat. Saat ini, simulator mengikuti pola yang sama dengan sebagian besar pelatihan, dalam hal ini mereka fokus pada masalah penyumbatan tersebut. Latihan simulator harus memungkinkan para peserta pelatihan untuk mengidentifikasi potensi pipa tersumbat dan kemudian merekomendasikan tindakan yang tepat untuk diambil untuk mencegah terjadinya pipa yang tersumbat. Membuat latihan berbasis tim memungkinkan untuk pengambilan keputusan secara berkelompok. Ini mendorong para individu untuk berinteraksi dan mendiskusikan semua skenarionya.

Selalu ada kemungkinan bahwa peristiwa pipa yang tersumbat akan terjadi diluar dari tingkat perencanaan sumur. Oleh karena itu, pelatihan dalam tindakan pertama tidak boleh diabaikan. Namun, bahaya dalam menangani pipa yang tersumbat yang tidak dapat dihindari adalah tindakan pencegahan yang akan dianggap sia-sia. Mentalitas dari hal yang tidak dapat dihindari ini perlu diubah.

Pelatihan Pencegahan Pipa Tersumbat atau Pelatihan Jaminan Pipa Bebas tidak bisa menjadi pelatihan yang diadakan satu kali saja. Jika kita serius untuk menyingkirkan peristiwa pipa yang tersumbat dari tiga penyebab utama hilangnya waktu, maka diperlukan pendekatan yang lebih sistematis untuk pelatihan dan pengembangannya. Pelatihan harus mencakup integrasi berbagai metodologi pelatihan mulai dari ruang kelas ke simulator dan dengan pendekatan langsung ke pelatihan praktis di tempat kerja.

PDF dari Laporan Resmi ini dapat diunduh di: http://www.samson-tiara.co.id/blog/wp-content/uploads/2018/11/Stuck-Pipe-Prevention-Training-in-Focus_White-Paper.pdf .

Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang Pelatihan Pencegahan Pipa Tersumbat atau untuk menanyakan tentang cara pemesanan pelatihan Anda di Indonesia, Anda dapat mengunjungi profil pelatihannya di: https://www.samson-tiara.co.id/Course/Stuck-Pipe-Prevention-And-Solutions/ . Atau Anda dapat  menghubungi Samson Tiara di: https://www.samson-tiara.co.id/Contact-Us/Online-Form/ . Untuk informasi tentang pemesanan pelatihan ini di luar Indonesia, silakan kunjungi situs web Aberdeen Drilling School di: https://www.aberdeendrilling.com/ .

Samson Tiara
The Garden Center #6-03,
Kawasan Komersial Cilandak,
Jl. Raya Cilandak KKO,
Jakarta 12560, Indonesia

Phone: +62 21 780 1388
Fax: +62 21 780 1389
Email: office@survival-systems.com / marketing@survival-systems.com  Website: http://www.samson-tiara.co.id
LinkedIn: https://www.linkedin.com/company/pt.-samson-tiara 

* PT. Samson Tiara adalah 1 dari 14 penyedia pelatihan TEEX terakreditasi di dunia.*

* PT. Samson Tiara adalah Penyedia Pelatihan yang Disetujui oleh OPITO pertama di Indonesia & pemenang penyedia pelatihan OPITO pada tahun 2016. *

Share